Dolor sit amet, consetetur sadipscing elitr, seddiam nonumy eirmod tempor. invidunt ut labore et dolore magna aliquyam erat, sed diam voluptua. Lorem ipsum dolor sit amet, consetetur sadip- scing elitr, sed diam nonumy eirmod tempor invidunt ut labore et dolore magna aliquyam erat, sed diam voluptua. Lorem ipsum dolor sit amet, consetetur sadipscing elitr, sed diam nonumy eirmod tempor invidunt ut labore et dolore magna aliquyam erat, sed diam voluptua. Lorem ipsum dolor sit amet, consetetur.
 

Fengshui Letak Kompor

Memang benar, ada aturan di dalam Feng Shui bahwa kompor jangan sampai terlihat dari pintu masuk. Penjelasan yang lebih rinci lagi yaitu, kompor—baik yang ada di dapur maupun yang diletakkan di ruang makan—sebaiknya jangan terlihat dari ruang tamu. Jadi yang dijadikan perhitungan adalah bukan kompor yang letaknya sebaris dengan pintu masuk, tetapi pandangan yang dihasilkan dari ruang tamu, khususnya pada bagian pintu masuk.
Komposisi ini memang memiliki nilai yang buruk dalam Feng Shui, sebab dapat menimbulkan beberapa dampak berikut ini.
- Kemerosotan rezeki.
- Rasa iri yang besar dari pihak luar.
- Amarah yang mengakibatkan hubungan suami istri tidak harmonis.
- Berbagai godaan atau penyelewengan.
Pembawa Api
Kompor merupakan elemen Api yang diartikan sebagai bentuk semangat dari kehidupan penghuni. Sementara ruang dapur identik dengan bagian perut dari tubuh manusia, yang letaknya harus tersembunyi agar tidak menimbulkan problem, baik dari dalam maupun luar rumah.
Demikian pula dengan perapian yang diletakkan di ruang tamu, yang biasanya ada di rumah-rumah daerah Barat yang mengalami empat musim. Menurut Feng Shui tidak baik kalau perapian diletakkan di ruang tamu dan langsung terlihat dari pintu masuk. Ini karena perapian identik dengan kompor yang menyalakan api.
Rumah tropis sebaiknya tidak membuat perapian di ruang tamu, karena akan menimbulkan dampak buruk bagi kehidupan, biarpun perapian yang dimaksud hanya sebagai dekorasi saja. Sebab, bentuk ini sudah mewakili “kompor yang terlihat dari pintu masuk”.
Jadi, kalau mendesain interior dapur, pantry (dapur kering), maupun perapian di ruang keluarga, sebaiknya tidak terlihat dari pintu masuk. Dengan demikian pengaruh buruk bisa dihindarkan.
Cara Pembetulan
Kalau sudah terlanjur memiliki desain rumah dengan komposisi dapur yang terlihat dari ruang tamu, ada dua cara pembetulannya :
- Apabila kompor ada di ruang dalam rumah, sebaiknya dibuatkan penyekat yang letaknya di ruang tamu atau koridor ruang dalam rumah, agar kompor tidak terlihat. Penyekat ini bisa berupa partisi atau lemari yang masif, - atau bisa juga dari tirai/gorden.
- Bila di ruang tamu ada perapian, sebaiknya perapian dipindahkan dan ditiadakan, karena pengaruh buruk akan berlaku.
Lalu bagaimana dengan vila yang ada di daerah pegunungan? Selama bangunan tersebut hanya berfungsi sebagai tempat peristirahatan dan tidak dijadikan rumah tinggal tetap, perapian atau kompor yang terlihat dari ruang tamu masih bisa ditoleransi. Tetapi alangkah baiknya kalau bisa diatur dengan menggunakan konsep yang lebih benar.

0 komentar:

Post a Comment